Jumat, 21 Oktober 2011

Tulisan 5 Bahasa Indonesia 2

Tips Merawat Kesehatan Gigi

Jangan pernah menggangap sepele kesehatan gigi. Jika gigi sudah tak sehat, maka akan menimbulkan sakit yang teramat sangat yang dapat membuat seseorang menjadi uring-uringan. Bahkan kalau sudah sakit parah, dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk pengobatan ke dokter. Oleh karena itu mulai sekarang rawatlah gigi, mulai dari sikat gigi teratur 2 kali sehari, sehabis sarapan dan malam hari. Selain itu agar gigi lebih terjaga kesehatannya, berikut ini tips yang dapat dijadikan pedoman :
1. Jangan pernah mencoba merokok dan minuman alcohol. Dengan sering merokok dan minum minuman beralkohol dijamin gigi tidak akan terlihat putih dan bersih. Selain itu mulut akan menjadi kering dan dapat mengakibatkan mudah terkena penyakit mulut dan tenggorokan. Lebih parahnya lagi dapat membuat gigi copot atau ompong.
2. Kurangi kebiasaan nyemil. Selain bisa membuat gemuk, kebanyakan nyemil sama saja dengan membangunkan bakteri di dalam mulut yang bisa merusak gigi.
3. Perbanyak minum air putih. Air putih dapat menstimuli produksi air liur, karena air liur lah yang bisa menahan terjadinya bakteri yang bisa menyebabkan plak dan gigi berlubang.
4. Tinggalkan kebiasaan mencongkel makanan nyelip dengan tusuk gigi. Ini dapat membuat gusi tertekan dan akhirnya membuat sela yang lebih besar untuk penumpukan makanan. Jadi kalau ada makanan tersisa di gigi lebih baik kumur-kumur atau sikat gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar