Jumat, 21 Oktober 2011

Tulisan 3 Bahasa Indonesia 2

JEJARING SOSIAL

Jejaring sosial sekarang ini sedang marak dikalangan masyarakat. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa demam situs jejaring sosial seperti facebook maupun twitter. Hal ini disebabkan karena teknologi yang berkembang dengan sangat cepat dan pesat. Teknologi begitu memanjakan masyarakat di jaman modern ini. Masyarakat pun tidak ingin dicap ketinggalan jaman, sehingga mengikuti perkembangan yang ada yaitu dengan menggunakan jejaring sosial.
Bahkan tak jarang orang yang hanya ingin melakukan sesuatu yang sebenernya tidak begitu penting harus di-share atau dibagikan dengan meng-update status, agar terlihat exist oleh orang lain. Jejaring sosial pun sudah membius banyak orang. Hal ini dapat dilihat dari kesibukan orang-orang yang kemana-kemana selalu membawa ponselnya, yang mungkin hanya ingin mengetahui status terbaru dari orang-orang disekitar mereka. Selain itu tak sedikit juga orang yang ketika bangun tidur langsung melihat ponselnya untuk mengecek status-status terbaru yang ada, dan sebelum tidur masih sempat-sempatnya menuliskan komentar untuk status orang lain. Tak heran jika banyak orang yang melalaikan tugas mereka karena kecanduan jejaring sosial ini. Memang teknologi khususnya jejaring sosial sudah memberikan pengaruh yang besar dalam kehidupan masyarakat.
Jejaring sosial sudah memberikan pengaruh positif dan tak dapat dipungkiri juga memberikan pengaruh negatif. Pengaruh positif yang diberikan oleh jejaring sosial adalah kita menjadi manusia yang lebih berjiwa sosial, karena mempunyai banyak teman atau relasi yang dibangun dari dunia maya, dan lebih mudah mengetahui dimana keberadaan seseorang, kegiatan apa yang dilakukan, dan apa saja yang terjadi di lingkungan sekitar mereka. Jejaring sosial adalah tempat untuk menuangkan aspirasi atau ungkapan seseorang tanpa batas baik suka maupun duka, baik gembira maupun amarah. Jadi dari jejaring sosial ini timbul pertengkaran yang bisa memicu konflik. Ini merupakan salah satu pengaruh negative dari situs jejaring sosial. Oleh karena itu, bijaklah dalam menggunakan teknologi yang ada agar dapat memberikan pengaruh yang positif untuk kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar